MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PKN MATERI PENGARUH GLOBALISASI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE DI SEMESTER IIA PRODI BAHASA INDONESIA FKIP UNA

Bambang Gulyanto

Abstract


Yang menjadi subjek penelitian ini mata kuliah PKn materi Pengaruh Globalisasi. Objek penelitian mahasiswa semester IIA Prodi Bahasa Indonesia FKIP UNA tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 33 orang. Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PKn materi Pengaruh Globalisasi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Think Pair Share. Pada Prasiklus dari 33 orang mahasiswa yang tuntas mencapai KKM=75 sebanyak 12 orang (36,36%),pada siklus I meningkat menjadi 22 orang (66,67%), dan pada siklus II menjadi 33 orang (100%). Penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan motipasi siswa dalam belajar PKn materi Pengaruh Globalisasi, dari 8 indikator seluruh indikator mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu : Senang dan bergairah mengikutu perkuliahan, Memperhatikan dan antusias mengikuti perkuliahan, Berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, Berdiskusi dalam kelompoknya dalam menyelesaikan tugas, Bertukar fikiran dengan teman satu kelompok, Menjelaskan kepada mahasiswa lain yang belum paham tentang materi yang dipelajari, Bertanya kepada teman sekelompok tentang materi yang belum dipahami, Sering bertanya kepada dosen. Penggunaan model Think Pair Share telah membuat mahasiswa lebih aktif dan mengurangi dominasi dosen dalam mengajar.

Kata kunci : hasil belajar, PKn, Model Think Pair Share.


Full Text:

PDF

References


Anitah W., (2008) Sari. Strategi Pembelajaran. Jakarta ; Universitas Terbuka.

Arends,R.I,(2006) Learnig to Teach, Belajar Untuk Mengajar (terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto tahun 2008) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar (2013), Media Pembelajaran. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi (2003), Dasar – Dasar Pendidikan ( Edisi Revisi), Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi (2008) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi ke-6. Cetakan XIII , Jakarta : Rineke Cipta.

Bloom, Benjamin S.(1979) et al. Taxonomy of Educational Objectives, Handbook I: Cognitive Domain. London: Longman Group LTD.

Desmita, El-Dhamy.(2009) Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Dimyati, Mudjiono (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud dan PT Rineka Cipta.

Djamarah,S.B.(2006) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta :Rineka Cipta.

Hernawan (2011). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Universitas Terbuka

Hernawan (2011) . Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta : Universitas Terbuka.

Gagne, R.M.(1985) The Conditions of Learning and Theory of Instruction, New York Chicago San Francisco Philadelphia : Holt Rinrhart and Winston.

Gredler, Margaret E.(2011) Learning and Instruction, Teori dan Aplikasi, Diterjemahkan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Predana Media Group,

Gulo,.W.Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta : Gramedia Widiarana Indonesia. 2011)

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. (Bandung : Pustaka Setia, 2011)

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta : Bumi Aksara, 2007)

Ngalimun.(2012) Strategi dan Model Pembelajaran. Jogyakarta : Aswaja Pressindo.

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Purwanto., Ngalim.(2010) Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya,

Pribadi, Benny A (2009), Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta :PT Dian Rakyat.

Reigeluth, Charles M. (1983) Instruktional – Desain – Theoritis and Models. London : Lawrence Erlbaum Associates.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Wardani, IGK (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Winataputra, Udin S. (2001) Model-Model-Pembelajaran-Inovatif . Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.