PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS X SMK TAMAN SISWA SUKA DAMAI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Tuti Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis teks berita dengan menggunakan pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) kelas X SMK Taman Siswa Suka Damai Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Taman Siswa Suka Damai. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 bulan Maret-April 2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 X SMK Taman Siswa Suka Damai dengan jumlah siswa 40 orang terdiri atas 19 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Simpulan dari penelitian adalah secara garis besar, pelaksanaan siklus I berlangsung baik tetapi kurang kondusif. Hasil rata-rata nilai 71 dengan ketuntasan belajar mencapai 73,30% atau sebanyak 27 siswa, dan sisanya sebanyak 13 orang atau 26,70% tidak tuntas belajar. Pelaksanaan siklus II berlangsung baik dan kondusif. Hasil rata-rata nilai 79 dengan ketuntasan belajar mencapai 90% atau sebanyak 37 siswa, sementara siswa yang tidak tuntas belajar ada 10% atau sebanyak 3 siswa. Dengan demikian, kegiatan pada siklus II ini tidak perlu diulang karena sudah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak 85% siswa mendapat nilai ≥ 65. Dengan menggunakan pendekatan metode CTL khususnya pada menulis teks berita, hasil belajar pada siswa kelas X SMK Taman Siswa Suka Damai Tahun Pembelajaran 2011/2012 dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: CTL, Teks Berita


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo.

Akhadiah, Sabarti. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Djuroto, Totok. 2003. Teknik Mencari & Menulis Berita. Semarang: Dahar Prize.

Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia; Untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Hamalik, Omar. 1993. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hamalik, Omar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Hardjono, Sartinah. 2001. Prinsip-Prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Depdikbud.

Iskandarwassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Noehi dan Suyanto. 2002. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: universitas Terbuka.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Beroreantasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Premedia Group.

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Supardi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhendar dan Supinah. 1993. Efektivitas Pendekatan Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pionir Jaya.

Suriamiharja, dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Suwatno. 2008. Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Klinik Pembelajaran. Padang: Makalah Workshop Evaluasi dan Pengembangan Teaching Klinik Bagi Dosen Fakultas Ekonomi-FKIP.

Tarigan, Henry Guntur. 2006. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Ilmu.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.