MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ZAMAN PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 KISARAN

Bambang Gulyanto

Abstract


Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah materi Zaman Pendudukan Jepang di Indonesia dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Problem Based Introduction.Pada Prasiklus dari 26 orang siswa yang tuntas 8 orang (30,77%),pada siklus I meningkat menjadi 18 orang (69,23%), dan pada siklus II menjadi 26 orang (100%) Penggunaan model Problem Based Introduction.dapat meningkatkan motipasi siswa dalam belajar Sejarah materi Zaman Pendudukan Jepang di Indonesia dengan model Problem Based Introduction telah membuat siswa lebih aktif dan mengurangi dominasi guru dalam mengajar.

 Kata kunci: Sejarah, Jepang, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Anderson, C. (2001) Taxonomy of Educational Objectives. New York : Logman

Anitah W., (2008) Sari. Strategi Pembelajaran. Jakarta ; Universitas Terbuka.

Arends,R.I,(2006) Learnig to Teach, Belajar Untuk Mengajar (terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto tahun 2008) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi (2003), Dasar – Dasar Pendidikan ( Edisi Revisi), Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi ke-6. Cetakan XIII , Jakarta : Rineke Cipta.

Arsyad, Azhar (2013), Media Pembelajaran. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Ary, Donald., Lucy Cheser Jacobs, Asghar Razavieh (2004), Introduction to Research in Education. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Diterjemahkan oleh Arief Furchan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bloom, Benjamin S.(1979) et al. Taxonomy of Educational Objectives, Handbook I: Cognitive Domain. London: Longman Group LTD.

Desmita, El-Dhamy.(2009) Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Depdiknas (1988) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka

Dimyati, Mudjiono (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud dan PT Rineka Cipta.

Djamarah,S.B.(2006) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta :Rineka Cipta.

Hernawan (2011) . Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Gredler, Margaret E.(2011) Learning and Instruction, Teori dan Aplikasi, Diterjemahkan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Predana Media Group,

Hamdani.(2011) Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar.(2007) Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ngalimun.(2012) Strategi dan Model Pembelajaran. Jogyakarta : Aswaja Pressindo.

Purwanto., Ngalim.(2010) Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya,

Pribadi, Benny A (2009), Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta :PT Dian Rakyat.

Reigeluth, Charles M. (1983) Instruktional – Desain – Theoritis and Models. London : Lawrence Erlbaum Associates.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.