PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDEED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KISARAN

Syahriani Sirait1 Anim2 Trismayana3

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Open Endeed lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif siswa yang di ajar menggunakan pembelajaran konvensional pada materi segiempat dan segitiga dikelas VII SMP Negeri 2 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen pada kelasVII-2 DAN VII-4 semester genap. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kisaran. Dalam penelitian ini teknik digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik cluster random sampling. dengan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan instrumen tes. Untuk tes hasil belajar siswa teknik analisis data yang digunakan uji statistik t. Hasil uji statistik t pada hasil belajar siswa diperoleh   = 4,037> = 1,693 pada taraf signifikan karena >, maka hipotesis diterima yaitu kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Open Endeed lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada materi segiempat dan segitiga kelas VII di SMP Negeri 2 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Open Endeed, Kemampuan Berfikir Kreatif, segiempat dan segitiga.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., (2006),Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Firdaus, (2016),Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Endeed Pada Materi SPLDV, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol I (2): 227-236

Fisher, R., (1995), Teaching Children to Think, Stanley Thornes Ltd, London.

Haris, R., (1995),Introduction to Creative Thinking,[on line], Tersedia: http://www.virtualsalt.com/crebook1.htm

Huda, Miftahul., (2013),Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Penerbit Pustaka Belajar ,Yogyakarta.

Lambertus, dkk., (2013). Penerapan Pendekatan Open-Endeed untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4(1)

LTSIN, (2004),Learning teaching. Scotland: Learning and Teaching Scotland

Munandar, (2009),Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat, Penerbit Rineka Cipta,Jakarta.

NCTM, (2000), Principles and standards for school mathematics, United States of Amerika ,Virginia.

Noer, S.H., (2011), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Endeed, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5(1)

Sasmita, (2014),Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Problem Possing Pada Materi Bangun Datar.,Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Pontianak.

Silver, E. A, 1997. “Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing”. The International Journal on Mathematics Education, Vol 29(3)

Sudjana, (2005),Metoda Statistika, Penerbit Tarsito,Bandung.

Sugiyono, (2010),Metode PenelitianKuantitatif, kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta,Bandung.

Trianto, (2010),Mendesain Model Pembelajaran Inovatif–Progresif, Penerbit Kencana, Jakarta.

Wang, D. J, (2003), “A Development of the Test for Mathematical Creative Problem Solving Ability”, Journal of the Korea Society of Mathematical Education Series D: Research in Mathematical Education, Vol 7(3)

Kompas(2016),www.kompas.com,http://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah[diakses tgl: 2 Januari 2018]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.