PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK - TALK -- WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI PELUANG DIKELAS X SMA NEGERI 1 AIR JOMAN. TA 2017/2018

Nurliani Hanina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think-Talk-Write(TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi peluang dikelas X SMA Negeri 1 air Joman. TA. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pre-test and pot-test. Populasi dalam penelitian ini adalah X yang terdiri dari 4 kelas. Sempel penelitian ada 2 kelas (kelas X  IPA   1 dan X IPA 2 yang diambil secara cluster random. Pada kelas X  IPA 1 sebagai kelas experimen menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk Write(TTW) dan Konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh post-test  dengn hasil rata-rata kelas experimen 78,39 dan kelas kontrol 67,78. Hasil uji t diperoleh t hitung = 4,18 > dari t tabel = 1,67 maka Ha, diterima, dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada materi peluang di kelas X  IPA 1 SMA Negeri 1 Air Joman T.A 2017 / 2018

 

Kata Kunci: Quasi, Pemecahan, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., ( 2012),Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, S.,(2009),Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Arsyad, A., (2007), Media Pembelajaran, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Depdiknas, (2003), Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP, Depdiknas, Jakarta.

Duffin, J.M., dan Simpson, A.P., (2000), A Search for Understanding. Journal of Mathematical Behavior 18(4): 415-427.

Erman, S., (2003),Evaluasi Pembelajaran Matematika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Ginanjar, Gigin dkk., Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontruksivisme Pembelajaran Matematika di Kelas 3 SDN Cibaduyut 4 . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,Vol. I No. 2 Juli 2016: 265.

Hamdani, Dedi dkk., Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta,Vol. X No. 1 Juni 2014: 82 -84.

Kesumawati, Nila., Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Agustus 2008

National Council of Teachers of Mathematics, 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pujiati. 2006, Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Rahman, R, Maarif, S. 2014. Pengaruh Penggunaan Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi BANDUNG, III(3): 33-59.

Sagala, S.,(2008),Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sudijono, A., (2014),Pengantar Statistik Pendidikan, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sudjana.,(2009),Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sudjana, Nana., (2009), Keaktifan Belajar, Penerbit Rieneka Cipta, Jakarta

Sugiyono., (2015), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sundayana, Rostina., (2015), Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, Penerbit Alfabeta, Bandung

Suwardi, Masni, Rohayati. 2014. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal AL-AZHAR Indonesia Seri Humaniora, II (4): 297-307.

Trianto., (2007), Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Penerbit Prestasi Pustaka, Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.