PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALANTERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDY KASUS JALAN RIVAI)

Ferry Anderson

Abstract


Parkir merupakan salah satu elemen penting dalam transportasi perkotaan, karena mempunyai dampak terhadap pemilihan moda serta berpengaruh pada masyarakat dan sistem transportasi baik secara jangka panjang atau jangka pedek. Seseorang akan memilih menggunakan kendaraan bila tersedia lahan parkir yang memadai.

Tujuan penelitian adalah mencari parameter yang mempengaruhi pemanfaatan lahan parkir, dimana diharapkan parameeter tersebut dapat membantu untuk mengestimasi kebutuhan parkir pada Jalan Rivai kisaran.Terdapat 6 parameter yang dapat menerangkan kebutuhan petak yaitu: akumulasi, volume parkir, kapasitas parkir, pergantian petak parkir, durasi parkir dan okupansi. Survai dilakukan dengan cara pengamatan wawancara dan kuesioner.

Berdasarkan hasil penelitian  yang dilakukan, dapat dilihat bahwa proses pengelolahan distribusi parkir yang dikelola tukang parkir, mulai dari pembayaran yang dilakukan oleh pengguna jasa kepada juru parkir, setoran juru parkir kepada petugas pemungut, penerimaan bendahara kemudian setoran pada pemerintah kota kisaran.

 

Kata kunci:parkir, jalanRivai


Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.

Wahyuni, Rida., 2008. Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan terhadap Kapasitas Jalan (Study Kasus

Jalan Brigjend Katamso Medan). Universitas Sumatera Utara, Medan.

Mataram, N. K., 2011. Analisis Kinerja Ruas Jalan akibat Bangkitan Pergerakan di Pasar Pandak Gede. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (Vol. 15 No. 1)

Dirjen Perhubungan Darat, 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Departemen Perhubungan Republik Indonesia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.