PENGARUH METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS MAJAS METAFORA DALAM NOVEL ’’RINTIHAN DARI LEMBAH LEBANON’’ KARYA TAUFIQURRAHMAN AL AZIZY PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PADANGSIDEMPUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Nur Afifah Afifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Contextual Teaching and Learning ( CTL ) terhadap kemampuan menganalisis majas metafora dalam novel pada kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidempuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan tes unjuk kerja yaitu menganalisis majas metafora dalam novel ”Rintihan Dari Lembah Lebanon” karya Taufiqurrahman Al Azizy oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidempuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil belajar siswa pada pengolahan dan kemampuan menganalisis majas metafora dalam novel tersebut bahwa siswa  kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidempuan Tahun Pembelajaran 2017/2018 nilai rata-rata pada nilai postes adalah 82,41. Nilai yang tertinggi adalah 88.45 dan terendah adalah 78. Nilai rata-rata siswa pada nilai pretes adalah 76,48. Nilai yang paling tinggi adalah 80 dan terendah adalah 65. Setelah data dianalisis dengan menggunakan teknik komparasional yaitu uji t, membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode CTL terhadap kemampuan menganalisis majas metafora dalam novel Rintihan Dari Lembah Lebanon pada kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidempuan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yaitu di mana dalam uji t hasil perhitungan dikonsultasikan dengan tabel dan diperoleh t hitung > t tabel pada taraf signifikan 1% 7,14 > 2,06 dan pada taraf signifikan 5% 7,14 > 2,80. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode CTL terhadap kemampuan menganalisis majas metafora dalam novel ”Rintihan Dari Lembah Lebanon ” karya Taufiqurrahman Al Azizy oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidempuan Tahun Pembelajaran 2017/2018 diterima.

 

 

Kata kunci    :  Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)dan Menganalisis Majas metafora dalam Novel.


Full Text:

PDF

References


Al Azizy, Taufiqurrahman, 2012. Rintihan dari Lembah Lebanon. Jogjakarta: Diva Press

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahasaindonesiayh. 2012. http://bahasaindonesiayh.blogspot.com/2012/05/unsur-unsur-intrinsik-teks- novel.html. (Diakses pada tanggal 1 Desember 2013).

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi KeTiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Garengari2. 2013. http://garengari2.blogspot.com/2013/01/tehnik-menulis-naskah- novel-yulhasni-ss.html. (Diakses pada tanggal 1 Desember 2013).

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.

Irpan. 2011. http://irpan1990.wordpress.com/2011/08/11/metode-pembelajaran-diskusi-kelompok/. (Diakses pada tanggal 1 Desember 2013).

Kelasmayaku. 2011. http://kelasmayaku.wordpress.com/2011/04/24/menyusun-naskah- novel/. (Diakses pada tanggal 1 Desember 2013).

Nana, Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nisakawaiichan. 2013. http://nisakawaiichan.blogspot.com/2013/04/jenis-jenis-metode pembelajaran.html.) (Diakses pada tanggal 1 Desember 2013).

Nur, M. 2006. Strategi Pembelajaran. Pekanbaru: Cendikia Insani Pekanbaru.

Riantiarno, N. 2003. Menyentuh Teater. Jakarta:Sampoerna.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Surabaya : RajaGrafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, A.R. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rodaskary


Refbacks

  • There are currently no refbacks.