PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATES EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA BERBASIS CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

devi auliasari sukardi, Oktaviana Nirmala Purba

Abstract


Sari, Devi Aulia. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathemates Education (RME) Berbantuan Media Berbassis Canva Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMA Negeri 1 Air Joman T.A 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidika Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Asahan. Pembimbing Otaviana Nirmala Purba, M.Pd

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathemates Education (RME) Berbantuan Media Berbasis Canva Terhadap kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMA Negeri 1 Air Joman Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group prettest – posstest design. Populsi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas XI-2 dan XI-4) yang diambil secara purposive sampling. Pada kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode Realistic Mathemates Education (RME) dengan berbantuan media Canva dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh posttest dengan hasil rata – rata kelas eksperimen 81,1 dan kelas kontrol 71,63. Hasil uji t diperoleh  maka  diterima yang mana terdapat pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathemates Education (RME) Berbantuan Media Canva Terhadap Kemampuan Pemhaman Konsep Matematis Peserta Didik SMA Negeri 1 Air Joman.  

 Kata kunci: Realistic Mathemates Education (RME),Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis , Canva


Full Text:

PDF

References


Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087

Apriliani, S., Dewi, A., & Tati, R. (2022). Penerapan Model Realistic Mathematic Education ( RME ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No . 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. 2(1), 1–13.

Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640

Rizqiyah, R., Hatip, A., Setiawan, W., Prastiwi, L., & Sucipto, S. (2022). Studi Komparasi Antara Realistics Mathematics Education (RME) dengan Numbered Heads Together (NHT) dalam Pemahaman Konsep Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 216–227. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.916

Sari, L. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2016

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuamtitafif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. ALFABETA

Suharyanto, A., & Suharyanto, A. (2023). Model direct. 5(2), 90–99.

Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Jurnal Ikraith-Teknologi, 6(74), 62–68.

Wati Ritonga, M., & Idris Ritonga, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 5–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.