PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA

uci pra tiwi, Elfira Rahmadani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Hessa Air Genting tahun ajaran 2022/2023 yang menggunakan pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran  berbasis etnomatematika dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan  desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Islamiyah Hessa Air Genting. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purpose sampling, dimana sampel dipilih dengan pertimbangan peneliti sesuai dengan tujuan penelitian. Kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video pembelajaran berbasis etnomatematika sedangkan kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan  model pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor kemampuan berpikir kritis siswa  yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video pembelajaran berbasis Etnomatematika lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.