IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HOLISTIK BAGI MASYARAKAT LUAS DI DESA SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN

Paisal Manurung, Karimaliana Karimaliana, Tarida Ilham Manurung

Abstract


ABSTRAK 

Menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkaraker mulia, bertanggungjawab, berani mengambil keputusan merupakan hal yang tidak mudah untuk diciptakan. Artikel ini merupakan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dilakukan di Desa Simpang Empat Kab. Asahan. Artikel ini menggunakan pendekatan qualitatif, sebagaimana peneliti merupakan sumber utama dalam mendapatkan data atau informasi. Berdasarkan pada hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditemukan bahwa; 1) masyarakat mendapatkan edukasi secara langsung tentang pengetahuaan pentingnya pendidikan lanjut khususnya ke perguruan tinggi, 2) kebutuhan informasi untuk membangun potensi masyarakat dapat dilakukan dengan cara inklusif dan tolerasi, 3) pembinaan moral dan karaker ditekankan pada nilai-nilai moral dan spiritual, 4) meningkatkan kualitas hidup sehat, bahagia, dan produktif. Pendidikan holistik bertujuan membangun individu dan masyarakat yang lebih baik, tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga tangguh, adaptif, dan berkontribusi pada kemajuan bersama.

Kata Kunci: adaptif, holistik, produktif, pendidikan


Full Text:

PDF

References


A. Saefurrohman and M. Si, “Membangun SDM Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter,” Banten, Dec. 2010.

E. Sarinastitin, “Pendidikan Holistik Integratif untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini,” Flores, Jan. 2019.

F. Wulandari, T. Hidayat, and Muqowim, “Konsep Pendidikan Holistik dalam membina Karakter Islami,” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 157–180, 2021.

M. Latifah and N. Hernawati, “Dampak Pendidikan Holistik pada Pembentukan Karakter dan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Prasekolah,” 2009.

A. Sumitra, “CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Pembelajaran Holistik Integratif sebagai Pendekatan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini,” vol. 6, no. 2, pp. 2614–4107, 2023.

A. Primarni, P. Studi, P. Agama, I. Pascasarjana, I. Laa, and R. Bogor, “Konsep Pendidikan Islam Holistik dalam Memenangkan Persaingan di Era Mileneal,” 2019.

P. Holistik, I. Dan, S. Stkip, N. T. Paulus Ruteng, and I. Tim, “Early Childhood Education Journal of Indonesia,” 2019.

Sukarman, “Urgensi Pendidikan Holistik dalam Membentuk Insan Kamil,” vol. II, no. 2, 2014.

N. Yuliana, M. Dahlan R, and M. Fahri, “Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation,” Bogor, Jan. 2020.

A. Husnah, “Konsep Pendidikan Holistik Menurut Pemikiran Muchlas Samani dan Implementasinya pada Sistem Pendidikan di Indonesia,” Adabiyah Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, pp. 43–62, 2018.

A. Muliadi and Z. Pahmi, “Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Tasyrih Wasiat Renungan Masa Karya Tgkh. Muhammad Zainuddin Abdul Majid,” Mataram, Apr. 2021.

I. Siti and D. Astuti, “Pendekatan Holistik dan Kontekstual dalam Mengatasi Krisis Karakter di Indonesia,” Yogyakarta, May 2010.

D. M. Tefbana, E. Tari, and H. A. E. Lao, “Implikasi Pendidikan Holistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Rehobot Oebelo,” Didache: Journal of Christian Education, vol. 3, no. 1, p. 73, Jun. 2022, doi: 10.46445/djce.v3i1.537.

N. Zakiyah, “Implementasi Pendidikan Holistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Plus Provinsi Riau,” Jurnal ilmiah Keislaman, vol. 20, no. 1, pp. 55–67, 2021, doi: 10.24014/af.V19i2.14444.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.