SOSIALISASI PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA APLIKASI CANVA DI UPTD SMPN 1 SEI DADAP

Harniati Lubis, Rani Mayyasari, Aulia Putri Anggriani Br.Siagian, Erly Ismawati, Cut Widia Tari, Yunda Elza Arzety, Dita Safitri, Fitri Aulia Agustina, Nurul Nadira, Parmita Sari, Indah Tri Wahyuni, Yen Aryni

Abstract


ABSTRAK

 

Sosialisasi ini ditujukan untuk pelatihan penggunaan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi kelas IX di UPTD SMP Negri 1 Sei Dadap. Dalam kegiatan ini TIM KKNT membentuk menjadi 3 tahapan, tahapan pertama perencanaan atau persiapan, tahapan kedua pelaksanaan kegiatan, tahapan ketiga pelaporan dan evaluasi. Dalam kegiatan Sosialisasi, ini Tim KKNT melakukan sosalisasi digital yang merujuk pada pengaplikasian penggunaan aplikasi Canva yang terarah pada Pengenalan aplikasi Canva, fitur-fitur yang dapat digunakan, dan tentunya memberikan arahan apa saja kelebihan dari aplikasi Canva. Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi Tim KKNT melakuakan evaluasi yang merujuk pada pemahaman siswa lewat beberapa kuis yang diberikan dalam bentuk worksheet yang dibuat dengan aplikasi Canva. Dengan demikian Tim KKNT dapat melihat berhasil atau tidaknya penyampaian yang disampaikan oleh pemateri. Tim KKNT memiliki harapan besar dengan adanya sosialisasi ini dapat membantu pihak sekolah terutama kepada siswanya agar lebih mengetahui  teknologi dan terampil dalam menggunakan fitur-fitur baru yang saat ini terus berkembang

 

Kata Kunci : Sosialisasi Digital, Aplikasi CANVA

 

ABSTRACT

 

This socialization is aimed at training the use of the Canva application for class IX students at UPTD SMP Negri 1 Sei Dadap. In this socialization activity, it is formed into 3 stages, the first stage is planning or preparation, the second stage is implementing the activity, the third stage is reporting and evaluation. In this socialization activity, the KKNT Team carried out digital socialization which refers to the application of using the Canva application which is aimed at introducing the Canva application, the features that can be used, and of course providing guidance on the advantages of the Canva application. After carrying out socialization activities, the KKNT Team carried out an evaluation referring to student understanding through several quizzes given in the form of worksheets created with the Canva application. In this way, the KKNT Team can see whether the presentation delivered by the presenter is successful or not. The KKNT team has high hopes that this socialization can help schools, especially students, to know more about technology and be skilled in using new features that are currently continuing to develop.

 

Keywords : Socialization Activities,  Canva Application


Full Text:

PDF

References


Poerna Wardhanie, Ayouvi, et al. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Dan Promosi Produk Pada Sekolah Islami Berbasis Kewirausahaan.” Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 2, no. 1, 13 Oct. 2021, pp. 51–58, https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170. Accessed 13 July 2022

Sholeh, Muhammad, et al. “PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 4, no. 1, 2 Nov. 2020, pp. 430–436, journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/2983/2042. Accessed 12 Oct. 2023.

Alfian, Ari Nurul, et al. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, vol. 5, no. 1, 31 Jan. 2022, pp. 75–84, https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986. Accessed 29 Oct. 2022.

Jafar Adrian, Qadhli, et al. “PENGENALAN APLIKASI CANVA KEPADA SISWA/SISWI SMKN 1 TANJUNG SARI, LAMPUNG SELATAN.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), vol. 3, no. 2, 14 Sept. 2022, p. 187, https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2020. Accessed 28 Nov. 2022.

Widayanti, Lilis, et al. “Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva.” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, 2 Nov. 2021, pp. 91–102, jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/813,https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813. Accessed 12 Oct. 2023.

Purba, Yusnita Adelina, and Amin Harahap. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 2, 5 Apr. 2022, pp. 1325–1334, https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335. Accessed 5 Aug. 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.