MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK-ANAK DESA DI ERA DIGITAL MELALUI POJOK LITERASI DI DESA PINANGGIRIPAN

Oktaviana Nirmala Purba, Syahriani Sirait, Rafika Muspita Sari, Putri Khairunnisa, Yurika Febila, Della Puspita Ramadhani, Delfi Nurmiani Sirait, Novita Sari, Putri Khairunnisa, Puput Artika, Suryani Suryani, Indah Sari, Suryono Suryono

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan melakukan pengembangan pengetahuan. Hal ini dilakukan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas. Tujuan utama untuk menarik minat baca masyarakat dan anak usia dini agar lebih mengedepankan literasi melalui media buku. Dengan melihat situasi dan kondisi serta kegiatan masyarakat di desa Pinanggiripan terdapat beberapa permasalahan yang kami temukan di lingkungan desa Pinanggiripan yaitu sebagai berikut: (a) anak – anak dan remaja yang kurang gemar membaca. Hasil dari penelitian ini yaitu: Membaca adalah gerakan penting dalam mendidik dan menumbuhkan pengalaman, karena membaca adalah kemampuan untuk mengasimilasi informasi melalui teks atau membaca. Membaca member kita informasi, wawasan, dan kemampuan berpikir kritis. Dan tim pengabdian berhasil membuat pojok literasi di Desa Pinanggiripan yang diresmikan pada Jum’at, 29 September 2023, Peresmian pojok Literasi dan kegunaan Pojok Literasi. Maka, dengan adanya tim pengabdian di desa Pinanggiripan dapat terjalinnya silahturahmi tim pengabdian dengan para masyarakat. Program dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi anak-anak Desa Pinanggiripan dan para masyarakat.

 

Kata Kunci: Bangun Desa, Kualitatif Deskriptif, Observasi, Pojok Literasi, Pinanggiripan

 

ABSTRACT

Community service is an activity to improve the quality of human resources by developing knowledge. This is done to empower and improve the welfare of the wider community. The main aim is to attract people’s interest in reading at an early age to prioritize literacy through the medium of books. By looking at the situation and activities of the community in Pinanggripan village, there are several problems that we found in the Pinanggripan village environment, namely as follows: (a) children and teenagers who do not like to read. The result of this research are: Reading is an important movement in educating and growing experience, because reading is the ability to assimilate information through text or reading. Reading gives us information, insght, and critical thinking skills. And the service team succeeded in creating a literacy corner in Pinanggripan village which was inaugurated on Friday, September 29 2023, the inauguration of the literacy corner and the use of the literacy corner. So, with the existence of a service team in Pinanggripan village, friendship between the service team and the community team can be established. The program can run well and be benefical for the children of Pinanggripan village and the community.

Keywords: Village Building, Descriptive Qualitative, Observation, Literacy Corner, Pinanggiripan


Full Text:

PDF

References


Albab Al Umar, A. U., Nur Savitri, A. S., Pradani, Y. S., Mutohar, M., & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.47492/eamal.v1i1.377

Alwan, M. (2021). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran di era digital 4.0. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 1–18. https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.150

Indriani, A. P., Hermadianti, A., Oktobriani, B. T., & Puji Lestari, D. A. (2022). Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Abmas, 22(1), 37–43. https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47589

Jati, P., & Pass, B. (2022). Kemampuan Komunikasi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita Buku Bergambar. 3(1).

Ni Luh Rini Puspita, Putri Almaidah, Witnansih Rahmatya Tanaiyo, Roswita A Dunggio, Abdul Rahmat, & Isnanto Isnanto. (2022). Pojok Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iii Mi Almourky. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 101–104. https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.394

Sabtina, R. Y., & Fauziyah, Z. K. (2023). Menerapkan Budaya Literasi Sejak Dini di Tingkat Pendidikan Taman Kanak-kanak. Protasis: Jurnal Bahasa …. https://protasis.amikveteran.ac.id/index.php/protasis/article/view/66%0Ahttps://protasis.amikveteran.ac.id/index.php/protasis/article/download/66/50

Zakaria. (2019). Implementasi Program Pojok Literasi di SDN Karang Tengah 7 Kota Tangerang. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2, 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.