PELATIHAN PENGEMBANGAN PENGETAHUAN LITERASI DIGITAL PADA MASYARAKAT DESA RAWANG BARU

Wan Nurul Atikah Nasution, Sri Rahmayanti, Christina Hasibuan, Sri Ningsih, Wahdina Sambas, Rindi Monica Putri, Muawanah Awallyah, Mardiana Aritonang, Latifah Hanum, Benedita Sinaga

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Rawang Baru, Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Pengabdian yang mengangkat tema literasi digital bagi masyarakat ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang literasi digital serta pengembangan di lingkungan desa. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan hari Jum’at, 07 Oktober 2022. Metode yang dilakukan adalah metode Sosialisasi dengan rincian kegiatan yakni: persiapan, sosialisasi kegiatan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi dan tindak lanjut. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh kepala rumah tangga dan ibu rumah tangga yang berusia sekitar 30-56 tahun yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini berlangsung selama 60 menit dengan pemaparan materi dan diskusi yang dibawakan oleh tim pengabdian masyarakat, yaitu Wan Nurul Atikah Nasution, M,Pd. dan Sri Rahmayanti, M,Si. diterima dengan baik oleh masyarakat. Masyarakat berharap kebutuhan yang besar atas program-program literasi digital dan berharap program peningkatan literasi dapat berlanjut di masa depan. Serta menyarankan disarankan agar kegiatan pengabdian masyarakat yang akan datang dapat melakukan program-program dengan literasi digital berupa produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa.

 

Kata Kunci: Literasi Digital, Literasi bagi Masyarakat, Pengembangan Literasi Digital


Full Text:

PDF

References


Amanda, S. 2021. Apa itu Literasi Digital, Prinsip Dasar, Manfaat, dan Contohnya. https://tirto.id/apa-itu-literasi-digital-prinsip-dasar-manfaat-dan-contohnya-gbhL.

Belshaw, D. 2012. What is’digital literacy’? A Pragmatic investigation (Doctoral dissertation, Durham University).

Buckingham, D. 2015. “Defining digital literacy: What do young people need to know about digital media?” Nordic Journal of Digital Literacy, 2015(4), 21–34.

Candrasari, Y. C., Dyva Claretta, & Sumardjiajti. 2020. “Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 611–618. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4003.

Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. 2019. “Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.30653/002.201832.61.

Heitin, L. 2016. “What is Digital Literacy?” Education Week, 36 (12), 5–6.https://doi.org/10.4135/9781473909571.n2.

Holler Phillips, C. M. 2011. Perceptions of Resources, Services, and ICT Literacy Skills Among Master’s Students in Finance, With Implications for the Library and the “Trading Room.” Journal of Business and Finance Librarianship. https://doi.org/10.1080/08963568.2011.603992.

Imran, H. A. 2010. “Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Masyarakat Pedesaan.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media.

Potter, W. J. 2010. “The State of Media Literacy.” Journal of Broadcasting & Electronic Media, 54(4), 675–696. https://doi.org/10.1080/08838151.20 11.521462.

Somantri, O., & Farizi, M. Al. 2020. “Pelatihan Literasi Digital dan Similarity Check Untuk Pembuatan Karya Ilmiah Hasil Penelitian Guru Sekolah Kejuruan. Madaniyah”, 1(2), 63–70. Retrieved from https://madaniya.pustaka.my.id/journals.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.