MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN LOMBA MEWARNAI PROGRAM KKNT-MBKM DESA GUNTUNG

Lis Supiatman, Sofi Aulia Karamina Manurung, Sukma Yudina Citra Simatupang, Windiyani Syafitri

Abstract


Kegiatan ini berlatar belakang pada perkembangan kreativitas anak yang masih rendah. Masih ada beberapa anak yang belum bisa mewarnai gambar sesuai dengan aslinya, anak belum bisa menjelaskanapa yang diwarnainya, dan masih ada yang cenderung mewarnai gambar hanya dengan satu warna saja. Kreativitas adalah daya atau kemampuan untuk mencipta.Mewarnai merupakan kegiatan membubuhkan warna atau pewarna (krayon) pada suatu gambar.Kegiatan mewarnai telah menjadi keterampilan yang sebaiknya dikuasai anak-anak sejak dini karena memahami warna, anak tidak hanya mengenal macam-macam warna namun juga memberikan kesempatan pada anak untuk mengekpresikan diri.Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa dari sekolah dasar yakni kelas satu hingga kelas tiga.

 

Kata Kunci : Kreativitas, Mewarnai

References


Fairuz, F. A., Nopiah, F., Dewi, T. S. E., & Muchtar, K. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Program Tagar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(79), 24–35.

Ichsan, I. (2021). Model Perencanaan Pembangunan Berbasis Elektronik Di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin.

Safitri, T., Jamil, Z. A., & Amrindono, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Menggunakan Media Sisir Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mutiara Hati Simpang 3 Sipin Kecamatan Kota Baru Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., & Adiarta, A. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124–136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.