STRATEGI BELAJAR UNTUK ANAK SEKOLAH MASA PANDEMI COVID-19 DESA PUNGGULAN KECAMATAN AIR JOMAN KABUPATEN ASAHAN

Rahma Yunita Ansi, Eva Margaretha Saragih, Dailami Dailami, Paisal Manurung

Abstract


Belajar merupakan aktivitas mental seseorang, dan strategi dan media belajar yang baik akan menciptakan mental belajar anak akan baik. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan di Desa Punggulan Kec. Air Joman Kab. Asahan. Pendekatan kegiatan menggunakan pendekatan komunikasi dua arah. Kerangka kegiatan ini dilakukan dengan observasi lapangan, menyusun proposal kegiatan, mengkoordinasikan kepada tim kegiatan, kepada kepala desa dan pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Asahan. Partisipasi dari kegiatan ini adalah masyarakat Desa Punggulan Kec. Air Joman Kab. Asahan berjumlah 30 orang. Adapun hasil dari kegiatan ini antara lain: masyarakat sadar bahwa belajar itu sangat penting, orang tua harus mendampingi anak dalam proses belajar, strategi dan media belajar yang tepat akan menghasilkan fokus belajar yang baik khususnya pada masa pandemic Covid-19.

 

Kata Kunci: belajar, strategi, media, Covid-19


Full Text:

PDF

References


F. Fatimah dan R. D. Kartikasari, “Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa,” Pena Literasi, vol. 1, no. 2, hal. 108, 2018.

U. Education, “Education and Covid-19 Education and Covid-19 Ensure Safe Return To Learning , Despite widespread school closures , USAID programs a variety of in-person and distance approaches . play key roles in COVID-19 response efforts across sectors .,” no. January, hal. 1–6, 2021.

K. Erol dan T. Danyal, “Analysis of distance education activities conducted during COVID-19 pandemic,” Educ. Res. Rev., vol. 15, no. 9, hal. 536–543, 2020.

S. Noor, F. M. Isa, dan F. F. Mazhar, “Online Teaching Practices During the COVID-19 Pandemic,” Educ. Process Int. J., vol. 9, no. 3, hal. 169–184, 2020.

N. Storey dan R. E. Slavin, “The US Educational Response to the COVID-19 Pandemic,” Best Evid. Chinese Educ., vol. 5, no. 2, hal. 617–633, 2020.

G. Yazcayir dan H. Gurgur, “Students with Special Needs in Digital Classrooms during the COVID-19 Pandemic in Turkey,” Pedagog. Res., vol. 6, no. 1, hal. em0088, 2021.

J. Young dan W. Donovan, “Challenges for students, families, and teachers,” no. June, 2020.

Hasbullah, Juhji, dan A. Maksum, “Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam,” J. Pendidik. Agama Islam Edureligia, vol. 3, no. 1, hal. 17–24, 2019.

F. Ahmadi dan E. S. Khoiriyah, “Prosiding Seminar Nasional PGSD UST 2020.”

N. Dila, D. Sari, N. Annisa, N. S. Simarmata, dan P. A. Hutajulu, “Inovasi Desa Terhadap Dampak Masa Pandemik Covid-19 di Desa Sei Kepayang Kiri Kecamatan Sei Kepayang Barat Kabupaten Asahan,” ComunitariaJurnal Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, hal. 127–135, 2021.

Nasution, Wahyudi Nur. 2017. Startegi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.