MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK USIA DINI “BERBAHASA DAN BERHITUNG” DENGAN PENDEKATAN MEDIA GAMBAR

Datulina Ginting, Eva Margaretha Saragih, Sari Inda Lestari, Rahma Yunita Ansi

Abstract


TK Katholik Asisi merupakan Yayasan Sekolah Katholik Tanjungbalai Selatan,kota Tanjungbalai, Sumatera Utara. Pengabdian ini dilakukan supaya anak didik dapat mengamati dan mengerti pentingnya berbahasa dan berhitung melalui media gambar.Selain itu guru masih belum menerapkan program tersebut. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, untuk penerapan media gambar maka perlu dilakukan sebuah tindakan untuk mengintegrasi pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) pada kurikulum di PAUD mitra sehingga program pembelajaran yang dilakukan terprogram dan anak lebih cepat mengerti. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif.Subjek penelitian adalah anak yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil observasi setelah diadakan analisis data bahwa: 1. Perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan berhitung, dengan melakukan proses pembelajaran yaitu memilih tema, memilih bahan permainan, menentukan pendekatan pembelajaran serta membuat penilaian hasil belajar, 2. Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan berhitung dengan menggunakan media gambar untuk anak yang berumur 4-5 tahun, adapun pelaksanaan yang dilakukan yaitu: melakukan kegiatan pembelajaran, membuka pembelajaran, melakukan kegiatan inti pembelajaran serta menutup kegiatan pembelajaran. 3. Respon anak dalam pembelajaran berbahasa dan berhitung pada usia 4-5 tahun.dengan kegiatan pembelajaran yaitu: menghitung angka dengan media gambar, mengenal nama benda dengan media gambar.

 

Kata Kunci : Berbahasa, Berhitung, dan Media Gambar


Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2000.Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Depdiknas.

Massofa. Perkembangan Bahasa Anak. http://massofa.wordpress.com/2008/04/29/ perkembangan-bahasa-anak.

Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Bumiaksara. Jakarta.

Suyanto, Slamet. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi, 2005.

Sriningsih, 2008.Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.