EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS DENGAN PENDEKATAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Eva Margaretha Saragih, Datulina Ginting

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara tes. Setelah pelaksanaan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) pembelajaran dengan pendekatan double loop problem solving, dimana siswa berdiskusi secara berkelompok dan mempresentasikan hasil diskusinya. (2) Pelaksanaan pembelajaran natematika dan bahasa inggris  dengan model pembelajaran double loop problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari: (a) nilai rata-rata dengan pembelajaran double loop problem solving adalah 75,36 sedangkan nilai rata-rata dengan pembelajaran konvensional adalah 65,82 menunjukkan bahwa dengan pembelajaran double loop problem solving mereka menjadi semangat dan termotivasi karena mereka dapat mengerjakan tugas sesuai kemampuan sendiri dan dapat berdiskusi dengan teman jika mengalami kesulitan.

 

Kata Kunci : Double loop problem solving, hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian (edit Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto dkk. (2009). Penelitian tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Hamalik, O.(2009).Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Fauziah. (2013). Jurnal Mathematics Paedagogic. Vol. III. No. 2. Halaman :141.

Mustaji (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. (Online). (http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran-matematika), diakses 01 Desember 2015.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Siregar, Rahmat Tiopan. (2010). Jurnal Mathematics Paedagogic. Kisaran : FKIP Universitas Asahan.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Starani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.