PENERAPAN PENGEMASAN PRODUK BISNIS RUMAHAN DI DESA TANJUNG ALAM KECAMATAN SEI DADAP KABUPATEN ASAHAN ASAHAN

Tengku Syarifah, Mhd Siddik, Habib Irsyadi Panjaitan

Abstract


Kemasan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah produk. Kemasan adalah bahan atau alat yang digunakan untuk mewadahi dan/atau membungkus produk baik yang bersentuhan langsung maupun tidak. Pengemasan dilakukan untuk melindungi dan mejaga produk agar tidak terkontaminasi oleh pengaruh luar dan menjamin agar barang dalam keadaan bersih dan hiegenis. Namun masih banyak ditemukan pelaku usaha yang kurang memperhatikan hal tersebut. Sehingga perlu adanya penyuluhan untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang hal ini. Adapun Langkah yang dilakukan salah satunya melalui program pengabdian kepada masyarakat (PKM). Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan membantu pelaku usaha untuk membuat kemasan yang baik dan menarik sehingga diharapkan menambah daya jual yang semakin meningkat. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Tanjung Alam.

 

Kata kunci: Kemasan Produk, Bisnis rumahan

Full Text:

PDF

References


F. Rahmawati, “Pengemasan dan Pelabelan,” Biomaterials, vol. 29, no. 34, pp. 4471–4480, 2013.

M. E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 20, 2018, doi: 10.30998/sosioekons.v10i1.2223.

W. Swasty, Y. Rahman, and A. N. Fadilla, “Pelatihan Kemasan Produk Kuliner Yang Persuasif Bagi Koperasi Dan Ukm Kabupaten Bandung,” Charity, vol. 2, no. 1, pp. 0–1, 2019, doi: 10.25124/charity.v2i1.2067.

A. J. Prasetya, Y. T. Laksono, and W. Hidayat, “Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya,” JPM17 J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 01, pp. 92–98, 2020, doi: 10.30996/jpm17.v5i01.3254.

D. Hariyanto, A. Zaki Azzuhairi, A. Winarno, and A. Hermawan, “Pengembangan Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Batik Sujo,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 191–196, 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i1.3087.

A. Widiati, “Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di ‘Mas Pack’ Terminal Kemasan Pontianak,” JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akunt. Fak. Ekon. Univ. Tanjungpura), vol. 8, no. 2, pp. 67–76, 2020, doi: 10.26418/jaakfe.v8i2.40670.

D. Industri, “Kemasan Produk Untuk Pember- Participatory Learning and,” 2023.

F. Yudhanto, R. A. Anugrah, and O. Wijaya, “Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Produk Umkm Masyarakat Di Desa Wates Kulon Progo,” Disem. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 68–73, 2022, doi: 10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.1833.

P. Kredit, K. P. Jakarta, K. Cabang, and L. Negeri, “Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia,” pp. 1–27, 2006.

U. N. Penmas, P. Melalui, E. Kreatif, and B. Kain, “Un penmas,” vol. 1, no. 2, pp. 57–64, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.