Pelatihan Perancangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Etnosains Bagi Guru SMP

Berti Yolida, Dewi Lengkana, Rini Rita T. Marpaung, Median Agus Priadi

Abstract


LKPD yang baik dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran terutama ranah kognitif proses sehingga nantinya menjadi jembatan mencapai tujuan pembelajaran ranah kognitif produk. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan bagi guru-guru IPA SMP di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung dalam membuat LKPD berbasis etnosains dan meningkatkan pengetahuan serta  keterampilan guru-guru dalam mengembangkan LKPD berbasis etnosains. Peserta kegiatan pelatihan ini adalah 15 orang guru IPA.  Metode yang digunakan adalah pelatihan agar guru-guru dapat menghasilkan produk berupa perancangan LKPD Berbasis etnosains. Evaluasi kegiatan ini dengan cara diagnostik, evaluasi efek, dan evaluasi proses. Hasil pengabdian yang telah dilakukan diketahui bahwa 1) guru-guru IPA SMP di Bandar Lampung telah mengenal dan memiliki pengetahuan tentang LKPD berbasis Etnosains, dan 2) sebanyak 80% guru yang telah berhasil merancang LKPD berbasis etnosains. Disarankan perlu diadakan pendampingan lebih lanjut guna mengatasi kendala guru dalam membuat LKPD berbasis etnosains.


Full Text:

PDF

References


Yolida, Berti, dkk., (2012). Pelatihan Model Pembelajaran Inkuiri bagi Guru-guru SD se Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Laporan Pengabdian. LPM UNILA

Pingge, H. D. (2017). KEARIFAN LOKAL DAN PENERAPANNYA DI SEKOLAH. Jurnal Edukasi Sumba, Vol. 01, No. 02.

Wikipedia. 2023. Lampung. Tersedia di: https://id.wikipedia.org/wiki/Lampung [Diakses 21 Februari 2023: 20.30 WIB]

Syani, Abdul. (2023). Multikulturalisme Lampung, Penghargaan atas Kearifan Lokal untuk Menciptakan Stabilitas Daerah. Tersedia di: http://staff.unila.ac.id/Abdulsyani/ multikulturalisme-lampung-penghargaan-atas-kearifan-lokal-untuk-menciptakan-stabilitas-daerah/. [Diakses 21 Februari 2023: 20.15 WIB].

Wilujeng, I. 2016. Pengintegrasian Potensi Lokal dalam Pembelajaran IPA Alternatif Peningkatan Daya Saing Global. Prosiding Seminar Nasional IPA VII (pp. 680-688). Semarang: Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang.

Yolida, Berti, dkk., (2013). Profil Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Merancang LKPD (Lembar Kerja Mahasiswa) Tingkat SMP dan SMA. Laporan Penelitian. Unila. Tidak Diterbitkan.

Yuliana, Ivo. 2017. Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 1 2a 2a Desember 2017 P-Issn: 2581-1800 E-Issn: 2597-4122

Kemdikbud.go.id (2023). Merdeka Berbudaya dengan kanal Indonesiana. http://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/episode_13/web


Refbacks

  • There are currently no refbacks.