SOSIALISASI PEMBUKUAN SEDERHANA DAN PROMOSI ONLINE UNTUK PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

Dian Ayu Andriani, Hilmiatus Sahla, Zulfa Khairina Batubara, Adi Sucipto Sucipto

Abstract


Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di  Kabupaten Asahan Kecamatan Pulo Bandring Desa Taman Sari. Dengan Sampel sebanyak 20 orang penduduk laki-laki dan perempuan. Hal utama yang menjadi dasar sehingga perlu dilakukan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dikalangan masyarakat dengan mempelajari secara teori bagaimana masyrakat dapat mengetahui metode pembukuan sederhana dalam menjalankan usahanya, serta cara-cara promosi online untuk pengembangan UMKM menjadi langkah yang efektif dimasa pandemi menjual atau mempromosikan barang/jasa secara online tanpa harus berbondong untuk memperoleh sesuatu yang mampu memenuhi kebutuhan masyrakat secara umum. Perlu diketahui dan dipahami oleh masyarakat beberapa manfaat pembukuan sederhana diantaranya adalah  Alat untuk memantau secara berkala tumbuh kembang suatu perusahaan, Alat untuk meningkatkan profit keuangan perusahaan secara maksimal, Pembukuan sederhana yang notabene adalah rangkuman dari laporan keuangan usaha menjadi salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman bahkan bisa untuk mendapatkan investor, Sebagai alat untuk mendeteksi jika terjadi kecurangan di dalam perusahaan yang berpotensi membuat perusahaan bangkrut, kemudian dapat menjadi alat ketika perusahaan ingin membayarkan pajaknya.begitu juga dengan pelatihan pemasaran online yang notabenenya berfungsi sebagai penambah teknis atau metode secara online untuk memasarkan produk-produk penduduk yang siap untuk dipasarkan di desa Taman Sari, Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan melalui media-media yang tersedia secara online. Mengingat banyak sekali interpreneur di desa Taman Sari namun metode pemasarannya masih manual,menjual barang/ makanan seperti keripik pisang gosong,keripik singkong,dan lainnya secara manual, sehingga penduduk diluar desa Taman Sari tidak mengetahui dan dapat memperoleh produk jadi siap dikonsumsi dengan membedakan tampilan dan cita rasa yang khas produk desa Taman Sari.

 

Kata kunci— pembukuan, promosi online, UMKM

Full Text:

PDF

References


] Setiawati, Ira. 2014, Pengaruh E-Marketing Pada Bisnis Online MenggunakanMedia Sosial (Studi Deskriptif Kulitatif), Seminar dan Call for Paper,FEB, Universitas Stikubank, Semarang

] Agustina, Yumniati, Setianingsih, Sri and Santoso, Yudy Dwi. 2019. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah Bidang Usaha Dagang pada UMKM Binaan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia. April-September, 2019, Vols. 1, No 1, http://ojs.itbad.ac.id/index.php/IK.

Laily, Nur, Sidharta, Yudi and Efendi, David. 2019. Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Wanita Wirausaha Batik Jonegoro Kabupaten Bojonegoro. 2019, Vols. 03, No 01. 43-46, Jurnal Layanan Maasyarakat Universitas Airlangga.

Machfuzhoh, Asih, Kutfi and Kutfi and Utami, Ika. 2020. Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Menuju Naik Kelas Di Kecamatan Grogol. 2020, Vols. 1, No 2. 109- 116, http://ejournal.umm.ac.id/index.php/j anayu.

Margunani, Melati, Sari Inaya and Sehabuddin, Ahmad. 2019. Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana UMKM Intip di Desa Nyatnyoyo Ungaran Semarang. 2019, Vol. 4, 3.http://journal.unhas.ac.id/index.php/p anritaabdi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.