PELATIHAN BASIC ENGLISH FOR COMPUTING UNTUK SISWA SMK TEKSAS PURWAKARTA

Nina Puspitaloka

Abstract


Berdasarkan hasil analisis wawancara terhadap guru-guru di SMK Teksas Purwakarta  yang dilakukan pada bulan Juli 2019 di sekolah tersebut teridentifikasi beberapa masalah pembelajaran di kelas, yakni: 1) belum tersedianya pembelajaran bahasa Inggris yang khusus sesuai dengan kebutuhan siswa; dan 2) Kurangnya minat pengembangan materi bahan ajar sesuai dengan bidang yang dikaji. Permasalahan yang teridentifikasi tersebut merupakan permasalahan yang mendesak untuk segera diatasi terutama mengenai belum tersedianya pembelajaran bahasa Inggris yang khusus sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi siswa dalam mengembangkan materi bahan ajar sesuai dengan yang dibutuhkan siswa itu sendiri yaitu English for Specific Purposes (ESP) atau bahasa Inggris untuk tujuan khusus. English for Specific Purpose (ESP) adalah suatu pendekatan baru dalam pengajaran dan penggunaan bahasa Inggris untuk bidang dan kajian khusus yang sesuai dengan kebutuhan bidang ilmu dan profesi pengguna Bahasa Inggris tersebut. Materi Basic English for Computing yang diberikan kepada siswa kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yaitu pembelajaran disesuaikan dengan bidang yang dikaji. Pelatihan ini telah berhasil memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan memperkenalkan dan memberikan informasi terkait materi bahan ajar yang sesuai dengan bidang yang dikaji dan sesuai dengan kebutuhan siswa di kelas Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).


Full Text:

PDF

References


Almasi, G. S., & Gottlieb, A. (1988). Highly parallel computing.

Alduais, A. M. S. (2012). Analysis of ESP Syllabus: Analyzing the Book Basic English for Computing as a Sample and Testing its Suitability for ESP Learners in Public and Private Yemeni and Saudi Arabian Universities. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(11), 247.

Barreto, L., Amaral, A., & Pereira, T. (2017). Industry 4.0 implications in logistics: an overview. Procedia Manufacturing, 13, 1245–1252. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.09.0 45. Accessed 20 December 2019. 20:30 p.m.

Ermerawati, A. B. (2016). Learners’beliefs About Pre-Esp (English for Specific Purposes) Course (Doctoral dissertation, Sanata Dharma University).

Glendinning, E. H., & McEwan, J. (2003). Basic English for Computing Revised and Updated CD. Oxford University Press.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Moulden, H. (2004). That’s Not English, That’s Computing!. Mélanges-Centre de recherches et d'applications pédagogiques en langues, (27), 135-174.

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2017). Pelatihan literasi media digital bagi murid-murid Armidale English College (AEC) di Soreang Kabupaten Bandung Selatan. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 157-165.

Puspitasari, I. (2013). English For Computer Science: Sebuah Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Teknik Informatika. Probisnis, 6(1).

Remacha, E. S. (2008). Infotech English for computer users. Student’s Book Fourth Edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.