PENGEMBANGAN PRODUK EKSPORT DENGAN INOVASI TEHNOLOGI DAN PERLUASAN PASAR ATBM SUTRA DI PAKKANNA KECAMATAN TANASITOLO

Satriawati Cangara, Dahlia Dahlima Moelier, Seri Suriani

Abstract


Sutra merupakan komuditas unggulan yang dikembangkan di Kabupaten Wajo khususnya di Desa Pakkanna, Usaha ini merupakan usaha turun temurun sehingga sangat minim kualitas produk dan keterbatasan kapasitas produk karena menggunakan ATBM atau Alat Tenun bukan mesin, dibandingkan sutra dari negara lain. Selain itu sistem pemasaran yang dilakukan sangat terbatas pada permintaan dari industri Batik jogya dan Pakalongan. Sutra yang dikembangkan di kabpaten wajo merupakan sutra putih bahan baku batik, belum ada motif tersendiri atau motif khas daerah sehingga keberadaannya kurang diminati pasar Internasional, Selain itu Belum diikutkannya Pameran-pameran diluar daerah sehingga volume penjualan juga masih rendah. Dengan adanya Program Pengembangan produk Eksport (PPPE) bagi UKM ATBM Sutra di Desa Pakkanna bertujuan untuk memacuh pertumbuhan eksport Sutra melalui pameran-pameran, Meningkatkan kualitas produk dan Kapasitas produksi, mengembangkan Link & Macth antara UKM ATBM Sutra, Pemda Kabupaten Wajo, Bayer Luar negeri, Universitas Bosowa dan Masyarakat Luas.

 

Kata kunci : Sutra, ATBM Sutra, Program Pengembangan produk Eksport


Full Text:

PDF

References


Andaya, L.Y 1981, The Century. The Heritage of Aru Palakka; a History of South Sulawesi (Celebes) in the Seventeenth Century Hague: Nijhott.

Appadurai, Arjun. 1991 Global Ethnoscapes: Notes and Queries for a Transnational Anthropology, dalam Recapturing Anthropology. R.G. Fox, ed. New Mexico: School of American Research Press. Pp. 191-210.

Bryson, John M., 1999, Perencanaan Strategis untuk Organisasi Publik dan Nirlaba:Sebuah Panduan untuk Memperkuat dan Mempertahankan Prestasi Organisasi, rev. ed. (San Francisco: Jossey-Bass).

Mattulada, 1995.Latoa: Satu Lukisan Analitis Terhadap Antropologi Politik Orang Bugis.Hasanuddin University Press: Ujung Pandang.

Millar, Susan Bolyard, 1981. Bugis Society: Given by the wedding guest. Thesis (Ph.D), Cornell University.

Littrel, M.A. 1990 Symbolic Significance of Textile Crafts for Tourists.Annals of Tourism Research. Soeroto, Soeri & Suhardjo Hatmosuprobo.1983, Laporan Penelitian tentang Industri Rakyat di Daerah Klaten. Jakarta: LP3ES.

Lundberg, D.E., M.H. Stavenga, M. Krishnamoorthy. 1997. Ekonomi Pariwisata.dalam: I Wayan Geriya, Diplomasi Keunggulan Budaya. PT. GramediaPustaka Utama. Jakarta.

Poelinggomang, Edward, 2002. Makassar Abad XIX. Studi Tentang Kebijakan Maritim. Jakarta, Kepustakaan Indonesia Popular.

Tripomo, Tedjo, 2015. Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, Jakarta.

Yusuf, Andi Muhammad, 2012. Reproduksi Status Tradisional Dalam Praktik Politik di Kabupaten Wajo, Skripsi Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Lainnya

Daya Saing Perusahaan (http:sistem-inovasi.blogspot.com).

Mora Harahap, Strategi Peningkatan Daya Saing Produk (http:mora-harahap.blog.co).

(Insa, Strategi Membangun Daya Saing Bisnis (http:www.ebizzasia.com).

Wajo Dalam Angka 2015 (Badan Pusat Stastik Kab.Wajo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.